5 Manfaat Sehat Melompat Trampolin yang Perlu Kamu Tahu

Photo By : Bounce Street Asia

Melompat di atas trampolin adalah salah satu latihan terbaik yang pernah dilakukan oleh manusia. Gerakan naik turun berirama sederhana ini melibatkan partisipasi setiap otot sehingga merangsang seluruh sel menghasilkan efek penyembuhan dan peremajaan yang luar biasa.

Dikutip dari situs CNN, melompat di atas trampolin memiliki manfaat unik dibandingkan dengan bentuk latihan lainnya. Ini melibatkan peningkatan G-force atau gaya yang diciptakan pada tubuh sebagai akibat dari gravitasi.

Apa saja manfaat sehat dari rajin melompat di atas trampolin? Yuk kita telisik lebih jauh tentang berbagai manfaat sehat dari rajin melompat di atas trampolin.

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Melompat secara teratur di atas trampolin dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang pada orang di segala usia. Aktivitas ini juga efektif dalam mencegah osteoporosis pada mereka yang berusia lanjut, dengan mempertahankan massanya tulangnya.

Tulang kita memiliki kemampuan menjadi lebih kuat di bawah tekanan, dan sebaliknya akan semakin lemah jika jarang bergerak. Cara terbaik untuk mengatasi isu ini adalah dengan bergerak melawan gravitasi.

Sebagai contoh, astronot dapat kehilangan hingga 15 persen dari tulang dan massa otot mereka selama 14 hari di ruang angkasa dengan gravitasi nol. Maka itu, melompat di atas trampolin adalah strategi utama NASA untuk membantu membangun kembali tulang dan mencegah membalikkan osteoporosis pada astronot.

2. Menguatkan Setiap Sel dalam Tubuh

Rutin melompat di atas trampolin efektif mendorong seluruh 37 triliun sel dalam tubuh bergerak naik dan turun. Tegangan gravitasi dan G-Force pada masing-masing sel menyebabkan ia menyesuaikan diri dengan peningkatan beban dengan menjadi lebih kuat, sehingga meningkatkan energi sel dan fungsi mitokondria.

Kesehatan jaringan sel sangat mendasar bagi kesehatan total kita sebagai manusia. Ketika sel-sel tidak berfungsi, mereka menjadi rentan terhadap kerusakan DNA. Sebaliknya, ketika setiap sel berfungsi optimal dan harmonis, kekuatan dan kesehatan tubuh adalah hasil yang tidak terelakkan.

3. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Melompat di atas trampolin dapat membantu bersihkan sistem limfatik pada manusia atau dalam kata lain mendorong racun keluar dari tubuh kita. 

Gerakan lompatan vertikal pada trampolin lebih efektif dalam memompa cairan getah bening, daripada latihan gerakan horizontal seperti berjalan dan berlari. Kesehatan yang baik bergantung pada kemampuan tubuh kita untuk menghilangkan racun-racun tersebut secara efektif. 

Dengan demikian, melompat secara teratur di atas trampolin dapat mendukung detoksifikasi, sehingga seluruh anggota tubuh dapat terus berfungsi dengan baik, dan kita pun menjadi lebih awet muda.

4. Meningkatkan Fungsi Pencernaan dan Kesehatan Usus

Siapa sangka jika rajin melompat di atas trampolin dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan pada manusia. Hal ini dikarenakan gerakan naik-turun berirama merangsang kontraksi dan relaksasi otot yang membentuk saluran pencernaan.

Peristaltik pencernaan yang membaik berarti tubuh mampu memproses dan menyerap nutrisi dengan lebih efisien. Ketika tubuh menerima nutrisi yang dibutuhkan, hal itu akan mendorong tersedianya bahan yang diperlukan untuk penyembuhan dan peremajaan diri.

Selain itu, gelombang peristaltik teraktivasi di usus juga memungkinkan makanan untuk mengalir lebih cepat, yang berujung pada lancarnya proses pembuangan limbah, atau mengurangi risiko sembelit.

5. Meningkatkan Postur, Keseimbangan, dan Koordinasi Tubuh

Melompat di atas trampolin membantu meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur dengan merangsang saraf mata dan saluran telinga bagian dalam.

Sebuah penelitian di Brasil dan Australia menemukan bahwa rutin lompat trampolin penting untuk meningkatkan keseimbangan manusia ketika jatuh dan memperkecil resiko keseleo pada pergelangan kaki. Ini adalah bantuan besar karena jatuh untuk orang tua dapat mengakibatkan patah tulang atau cedera kepala.

Kamu juga bisa olahraga trampolin di Bounce Street nih, Friends. Apalagi ada voucher makan senilai Rp 25.000 yang bisa kamu dapatkan kalau kamu main ke Bounce Street Asia nih, Friends. 

Tunggu apalagi ? Yuk, langsung cuss ke Bounce Street Asia.

Artikel Lainnya

Artikel Lainnya